Upgrade sii Slacky

Tanggal 28 kemaren, para pengguna linux Slackware dimanjakan dengan rilisnya versi stable terbaru dari linux tertua ini, Slackware 13.37. Pengumuman resmi dari rilis ini dapat diakses di halaman homepage slackware.org. Sebenernya saya ingin sekali mendownload file lengkap dari Slackware 13.37 ini, berhubung keterbatasan benwit, file yang segede gaban (+4,2GB) dan ketiadaan sumber daya komputer untuk dihidupin semalem penuh demi ngetorrent ini file, jadinya saya cuma bisa nge-rsync file updatenya dari server repo UKDW. Terima kasih banya buat Pak Willy Sudiarto Raharjo atas kontribusinya di dunia Slackware Indonesia :).

Untuk file rsync-nya sih ngak terlalu besar, sekitar +/- 1,7GB. Untungnya repo UKDW itu server lokal, jadi waktu rsync bisa dapat kecepatan maksimal :). Untuk proses upgradenya sih saya cukup mengikuti instruksi yang ada di file upgrade.txt pada directory repo hasil rsync tadi kecuali point 5 + 6 yang saya lewati (dan nomer 7 yg seharusnya saya tidak lewati), karena yang saya upgrade masih fresh alias masih baru saja saya install :).

Dalam proses upgrade mengupgrade linux pasti ada masalah yang muncul dong. Begitu juga saya, apalagi ini pertama kali saya mengupgrade ini slackware ;p. Masalah yang saya alami adalah “Loading LinuxEBDA is big; kernel setup stack overlaps LILO second stage“. Masalah ini terjadi setelah saya selesai mengupgrade si slackware dan mereboot-nya. Sebenernya saya tidak terlalu tahu ini masalah muncul gara-gara apa, tapi menurut forum forum yang saya baca sih ini dikarenakan kesalahan dalam setting lilo.conf-nya. jadi bagi yang mau coba upgrade jangan lupa mengecek kembali point nomer 7 dalam file upgrade.txt atau settingngan file config dari lilo-nya ya 😉

Untuk kelebihan versi ini sih saya belum terlalu tahu, masih belum saya sentuh dalamannya ;p, soalnya abis upgrade langsung diajak mancing sama temen kantor. Lumayan daripada ngak ada kerjaan di hari sabtu ya saya iyakan saja ;p. Yang cuma saya coba sih untuk GUI-nya saja, tambah menarik dari tampilan yang di versi 13.1 dan jika kalau ingin lebih jauh perubahan yang ada di rilis ini silahkan kunjungi website resminya saja ya :).

Leave a Reply